Ngelancong Weekend

Januari 6, 2016

 Menentang Polah Pikir Manusia yang Judgmental di Pusat Kesenian Komunitas Salihara

 Menentang Polah Pikir Manusia yang Judgmental di Pusat Kesenian Komunitas Salihara

Ngelancongweekend.com – Kalo ada yang bilang, “Anjir lama-lama atheis luh main di Salihara”, atau ngatain saya islam yang ngga bener cuma karena saya nongkrong di Tempat ini. Ya itu si cuma buat mereka yang cetek aja pikirannya. Manusia pada dasarnya emang judgemental banget. Saya muslim, saya beribadah sesuai kaidah Al Qur’an dan saya berteman dengan siapapun.

Tanpa sekat agama, mau dia atheis, mau dia islam aliran lain, mau dia Kristen, mau dia hindu, mau dia agnostik. Siapapun dia. Buat saya, semua manusia sama aja. Lepas dari sekat yang ngebeda-bedain manusia yang satu dan yang lainnya. Toh, sebagai manusia yang dewasa  tentunya kita udah bisa memilah apa yang terbaik buat kita. Dan saya cuma mengambil manfaat positif yang banyak banget dari tempat ini.

DSC_1060 (1)-min

2 Kali ikutan “Kelas Menulis dan Berfikir Kreatif”, dari yang basic sampe yang advance bareng penulis favorit saya Ayu Utami (Bilangan Fu), berkali-kali nonton acara teater, mulai dari teaternya Putu Wijaya, sampe Papermoon Puppet yang super keren dari Yogya. Nonton pertunjukan musik Frau, Sore, dll. Ikutan kelas diskusi sastra, seni, filsafat. Pun menikmati berbagai pamerannya. Mulai dari instalasi, pameran lukisan, fotografi, dll. Salah satu yang bikin saya cinta sama salihara juga banyak diantara programnya yang gratisan.

DSC_1059-min

Nah, Ini Dia Lima Hal Asik yang bisa kamu lakuin di Salihara:

  • Ambil buku programnya, salihara punya buku pemrograman selama sebulan. Berisi berbagai aktivitas mereka, pertunjukan atau kelas apa yang bakal mereka adain. Pamlet ini ada di tempat pamlet acara, deket madding samping Kedai Oen. Selain pamlet salihara kamu juga bisa ngambil pamlet IFI, Goethe, GKJ, dan lainnya. Ngga lupa liat juga madingnya. Dari sini kita bisa tau berbagai event/lomba kesenian di Jakrta, kadang sampe Yogyakarta, dll
  • Ikutin Diskusi gratisannya selama itu, sesuai sama minat dan apa yang kita mau tahu. FYI, dari salihara kamu bisa ketemu berbagai penulis favorit lho, ngga jarang juga acaranya gratisan, sehingga kamu bisa belajar banyak dari mereka secara cuma-cuma.
  • Salihara punya berbagai kelas, dan acara teater, music, film, pameran dll yang bisa dinikmatin. Kadang berbayar, kadang juga gratisan. Tapi buat para mahasiswa, tenang.. ada tiket khusus mahasiswa, dengan harga yang lumayan banget murahnya.
  • Bisa beli berbagai merchandise yang lucu-lucu, homemade khas Lokal. Ngga cuma itu, ada banyak juga buku-buku puisi, dan sastra yang asik-asik di Salihara Shop.
  • Tidur-tiduran, nyore di halaman belakang salihara. Yang super adem dan ngademin banget.

Ya, di Jakarta Raya ini, semua bergerak serba cepat. Tapi kesenian, membuat kita lebih tenang, seimbang, dan mengajarkan kita kesederhanaan dalam arti yang sesungguhnya. Yihaa.. Salam Nge_week! 😉

 

Hidup itu Pendek, Seni Itu Panjang – Indie Art Wedding

 

*Info Tambahan:

Alamat: Jl. Salihara No. 16 Kebagusan, Pasar Minggu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Transportasi: Carake Salihara dengan asumsi kamu pake kendaraan umum, Gampang! Naik kereta aja, turun stasiun pasar minggu, nyebrang kea rah robinson, dan kopajaan sedikit sampai jalan Salihara. Dari sini tinggal jalan dikit sebenernya, tapi kalo bingung monggo gunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat. Tanya Bor 😀

Lainnya:

Website: www.salihara.org

Twitter: @Salihara

0 likes Uncategorized # , , , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *