Ngelancong Weekend

July 13, 2019

Makan-Kongko-Piknik dengan Suasana Pedesaan di Kopi Klotok Kaliurang, Yogyakarta

Makan-Kongko-Piknik dengan Suasana Pedesaan di Kopi Klotok Kaliurang, Yogyakarta

Ngelancongweekend.com – Makan ala “Warga” di rumah bergaya tradisional khas Jawa, sebab kami memang manusia-manusia yang Sederhana, dan apa daya? :))) kopi klotok nih! berlokasi di Jl. Kaliurang, meskipun berada di pedalaman, namun hits sekali rupanya, makan di sana kala weekend isinya hampir semua orang Jakarta, rasa-rasa cuma pindah tongkrongan saja jadinya :)))

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (4)

Liburan super ngebut yang pada akhirnya selalu diluar itinerary, sebab mestinya bangun jam 04.00 dan sunrise mangunan, namun kenyataanya baru melek jam 1/2 10 siang :)) kemudian sarapan super skoy, makan, tawa-tiwi, perlahan packing, perlahan checkout, dan akhirnya ngebut menuju ke Kopi klotok yang ternyata berjarak lumayan. Mampus luh! :))

Berangkat pukul 1/2 1 dari Airbnb kami di daerah Jombor Lor, menghabiskan waktu kurang lebih 30-40 menit untuk sampai. Jalannya berliku, masuk-masuk sawah di pemukiman warga. Ngga tau siapa yang mulanya nemuin tempat makan ini, sulit sekali euy aksesnya. Jalannya sih ngga bapuk-bapuk amat, tapi terpencil aja gitu.

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (5)

Begitu akhirnya tiba! Waduh jangan ditanya antriannya, Ruarrrr biasa! Hoki dapat tempat parkir tapi tetap harus berjuang mencari tempat duduk kesana-kemari, selap-selip sana-sini. Mungkin kami kesiangan atau jangan-jangan warung ini memang selalu ramai begitu kala weekend.

Ngga sampai disitu, antrian makannnya juga sudah panjaaaaaang sekali, bisa 30 menit sendiri :))) Kami yang ber-5 kemudian harus pintar-pintar bersiasat. Siapa yang jaga tempat, siapa yang antri gorengan + siapa yang antri sesayuran + nasi :))). Memang demikian, kopi klotok bukan tempat kita bisa pesan makan kemudian makanan diantar, semua butuh perjuangan, ambil sendiri meskipun porsinya sepuasnya sih.

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (8)

FYI, Antrian makanan dibagi jadi 2:

  • Antrian Telur + Tempe dan Goreng-gorengan
  • Antrian Nasi dan Sayur Mayur (tersedia sayur lodeh, sayur asam, sayur bening dan lain-lain tinggal pilih)

Meskipun memang ada pelayan yang berkeliling, namun yang bisa kita pesan ke mereka hanya minuman saja, dan pisang (satu porsi isi 5 biji). Lainnya ambil sendiri.

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (12)

Untuk tempat makannya sendiri, saya lihat-lihat terbagi menjadi 4 area. Terdiri dari 2 bangunan, satu bangunan utama tempat kita mengambil makanan, dimana pada bagian dalamnya ada kursi-kursi kayu berjajar, hingga ke area belakangnya dengan kursi berjajar juga tikar-tikar yang menghadap langsung ke sawah. Sementara pada rumah kedua, yang letaknya persis disebrangnya, ngga seramai bangunan pertama tapi viewnya ngga menghadap langsung ke sawah.

Buat yang mau view sawah terbaik bisa cari tempat di area belakang rumah utama. atau area samping rumah kedua. Sayang ngga motret pake drone nih, belibet dikit jelasinnya :)))

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (1)

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (14)

Kopi klotok ini cukup hits, karenanya hati-hati dicegat tukang parkir ditengah jalan, yang akan bilang kopi klotok penuh dan membelokan kita ke kedai kopi lainnya (kopi arang) waduh si bro motong rejeki orang, kami sendiri sempat hampir kena dan turun bukan di kedai kopi yang seharusnya, sebelum akhirnya sadar, dan kembali melanjutkan perjalanan ke tujuan.

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (10)

Untuk menu-menu makanan di kopi klotoknya, lumayan enak. Sayang mungkin karena di masak terburu, macam tempe gorengnya agak keasinan. Tapi overall oke, yang wajib coba menurut saya : Sayur lodeh, Ikan asin, dan Pisang Gorengnya.

Ini menu-menu yang kami makan kemarin:

  • Telur krispi 5.500
  • Ayam 7.500
  • Tempe garit 1.500
  • Pindang 2.500
  • Pisang goreng 6.500
  • Kopi klotok 5.000
  • Es te awar 1.500
  • Paket puas 11.500/orang > ini mungkin maksudnya sayur ya, yang ambil semaunya. Bayarnya tetap dikenakan per orang

Total habis 172.000/5 orang = 34.400 saja per orang.

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (11)

Tips jajan di Kopi Klotok:

  • Kalau bisa datanglah weekday, yang pastinya ngga akan seramai weekend. Kalau sepi, makanan juga akan dimasak dengan lebih teliti + ngga terburu-buru (meskipun makan rame-rame begitu seru juga, serasa piknik ramaian. hehe).
  • Atau kalau memang cuma bisa kesana kala weekend, datanglah dari pagi supaya lauknya masih berlimpah ruah, belum ramai, bisa pilih tempat duduk terbaik yang menghadap langsung ke area sawah
  • Info penting ngga penting nih :)) Kalau kebetulan sudah terlanjur mengantri, bagi kawan jadi 3 kelompok (kelompok sayur mayur/gorengan/dan jaga tempat)

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (9)

Makan-Kongko Suasana Pedesaan di Kopi Klotok, Yogyakarta (2)

 

Warung Kopi Klotok

Alamat: Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Jam buka: Setiap Hari 07.00 – 22.00

Telepon: 0812-2221-1635

0 likes Jalan-Jalan , Kuliner++ # , , ,
Share: / / /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa jang kau cari?
ATAPLAPUK
Ataplapuk Pecinta kata, budaya, alam Indonesia. Dapat dijumpai di Kineforum DKJ, di gunung, di laut, di warkop-warkop terdekat, dimanapun.. Kontak : contact.potongan@gmail.com
INTSGRAM
POTONGAN
Rencanakan Petualangan Terbaikmu!
Subscribe

Enter your email address: