Ngelancong Weekend

May 18, 2019

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menanjak Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menanjak Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat

Ngelancongweekend.com – Indonesia kayak sekali akan budaya, bahasa, cita rasa, dan keindahan destinasinya. Bagi kamu yang tengah bersiap menikmati surga di timur Indonesia, Wayag 1 dan Wayag 2 (Raja Ampat), berikut ini beberapa hal yang baiknya kamu persiapkan mengingat tracknya yang lumayan ekstrim juga. Apa sajakah itu? Check it out! Check it out!

Sebelumnya biar semangat, intip dulu cantiknya Pemandangan di Wayag 1

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (1)

Saya cerita sedikit ya sebelum ke tips buat gambaran.

Rute kami dimulai dari Wayag 1 – Wayag 2 (bisa sebaliknya bebas saja). Perjalanan dimulai pukul 07.00 WIT setelah kenyang sarapan, ngeteh santai + haha hihi. Berjarak sekitar 1.5 jam saja dari homestay kami di Waigeo Barat, Kampung Selpele.

di Wayag 1 kapal dapat merapat sempurna di sisi pantai, titik awal penanjakan jelas, jalurnya cukup mudah dilalui, sehingga menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 30 menit saja untuk sampai di puncaknya tanpa kesulitan yang berarti.

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (6)

Puas menikmati keindahan wayag 1, kami segera menuju wayag 2. Berbeda dengan spot sebelumnya dimana kapal dapat merapat sempurna di bibir pantai, pada wayag 2 Kapal cepat hanya merapat pada dinding tebing, jika tidak ada awak kapal yang turun dan membuka jalur, rasanya sulit untuk kita tahu, bahwa tebing itulah jalur awal penanjakannya :))

Dibutuhkan keyakinan sempurna dimana kaki kita akan memijak. Batu mana yang kita percaya kuat menopang tubuh dari satu karst satu ke karst lain hingga sampai di puncak.

Total waktu treking memang hanya 15 menit saja tergantung stamina dan kecepatan masing-masing, kurangi kecemasan, meskipun hampir semua karang tajam dan kemiringan tebing yang lumayan bikin deg-degan :)) Sebab dipuncaknya akan kita temukan keindahan jang luar biasa uwogh!

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (4)

Dari pengalaman diatas, amalkan tips-tips nyaman menanjak wayag dibawah ini jon.

GUNAKAN JAKET

Kurangi resiko sakit di perjalanan baiknya gunakan jaket sebab kapal cepat di raja ampat terbuka, tanpa dinding di kiri-kanan hanya beratap, sehingga angin laut menerpa langsung ke badan, akan kenyanglah kita di tampar angin laut dari segala sisi. Belum lagi keberangkatan biasanya dimulai pagi-pagi betul dan baru pulang malam hari setelah mendaki snorkling-mendaki snorkling.

SUNBLOCK, TOPI, KACAMATA

Matahari di papua bisa menjilat sekali ketika lagi mentereng-menterengnya, benar adanya kalo ngga mau kena panas baiknya dirumah aja, tapi terpapar langsung sinar UV yang demikian membakar sangat berbahaya sebab dampak terburuknya dapat mengakibatkan kanker kulit, efek langsungnya = pusing dan bt sepanjang perjalanan, kurangi hal-hal ngga menyenangkan ini dengan selalu memakai sunblock, topi + kacamata.

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (5)

PENTING! GUNAKAN SEPATU YANG NYAMAN/SENDAL GUNUNG & BAWA SARUNG TANGAN

Gunakan sepatu yang nyaman, atau sendal gunung. Hindari menggunakan sendal jepit kecuali kaki situ udah sekuat warlok yang cuek saja menanjak karst dengan bertelanjang kaki. Giley Mantep! Utamanya di Wayag 2, dengan kemiringan trek lumayan, dan karst tajam di sepanjang jalur.

Karenanya selain menggunakan alas kaki yang kokoh, baiknya gunakan juga sarung tangan. Bayangkan kaki kita ngga menapak tanah mulai dari awal penanjakan. Kapal hanya akan merapat di sisi tebing, karenanya sarung tangan akan sangat membantu, menghindari cedera batu runcing. Bagi yang sudah ke labengki sombori di Konawe Utara, 11-12 nih bentuknya.

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (8)

NO DRESS, PAKAIAN SIAP BASAH, BAWA FIN & SNORKEL

No dress please, kecuali bagi yang mau effort ganti baju di puncak :)) Perlu di perhatikan betul nih. Menghindari banyaknya akibat berbahaya yang dapat ditimbulkan sebab gaun tersangkut di karst atau ranting pohon, apalagi di wayag 2, duh! Saran saya gunakan hanya pakaian ekstra nyaman untuk mendaki, baiknya juga yang siap basah. Sebab agenda berenang-renang bersama hiu karang di Mesh Conservation International Wayag sangat-sangat tidak boleh dilewatkan.

Keindahannya konservasi ini 11-12 sama pantai kaniungan di Kalimantan, dengan air jernih biru tosca, rerimbunan pepohonan kelapa, pasir putih dan dermaga yang dipenuhi banyak ikan kecil (diberi nama Nobu) serta ikan hiu karang jinak berukuran besar-besar yang akan memberi sensasi ngeri-ngeri seru berenang diantaranya.

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (7)

DRY BAG

Gunakan dry bag untuk melindungi gadget, kamera dan lain-lain dari hujan dan air laut di sepanjang perjalanan. Untuk kamera saya sarankan lipat dengan kain ikat, kemudian letakan lagi didalam kotak makan yang fit ukurannya. Jaga-jaga aja! Dry bagnya sendiri ngga perlu yang besar-besar amat, sing penting cukup menampung HP, kamera, topi, kacamata, sunblock,, botol minum dan semua barang bawaan.

Ini Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Puncak Wayag 1 & 2 Raja Ampat (2)

TUBUH FIT & SELALU TERHIDRASI

Ini yang juga amat penting. Dibutuhkan stamina baik untuk menikmati perjalanan yang menyenangkan. Jangan sampe udah jauh-jauh ke Raja Ampat eh sakit di jalan. Karenanya cukupkan kebutuhan nutrisi harian, jangan sampai tidak makan, bawa vitamin kalo perlu. Minum juga yang cukup jangan sampai dehidrasi, selalu bawa air putih kemanapun. Penting banget menjaga tubuh tetap bugar dan stamina terjaga, sebab hampir semua spot di Raja Ampat memang menghabiskan tenaga.

Nah, demikian tipsnya, buat menggapai sesuatu yang indah emang butuh usaha. Ingat-ingat jaga selalu keindahan suatu tempat dengan No Vandalisme dan tidak membuang sampah sembarangan. Sekian tips, Jon. Mari ngeweek di Raja Ampat! Buat yang mau atur perjalanan bareng orang tersayang tapi ogah ribet, bisa kontak saya ya, bahahah ujungnya!

0 likes Indonesia , Papua # , , , , ,
Share: / / /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa jang kau cari?
ATAPLAPUK
Ataplapuk Pecinta kata, budaya, alam Indonesia. Dapat dijumpai di Kineforum DKJ, di gunung, di laut, di warkop-warkop terdekat, dimanapun.. Kontak : contact.potongan@gmail.com
INTSGRAM
POTONGAN
Rencanakan Petualangan Terbaikmu!
Subscribe

Enter your email address: