Juni 25, 2018

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang

Ngelancongweekend.com – Berapa seharusnya budget yang dikeluarkan untuk pergi ke Bromo? Banyak diantara kita, termasuk saya yang sebelumnya ngga paham gimana caranya buat sampai ke destinasi ini tanpa OT alias Open Trip. Sebagai penganut aliran Share Cost garis keras (wakakka). Berikut ini cara menuju Bromo, dengan budget semurah-murahnya. Check it out!

DSC04673-(FILEminimizer)

TRANSPORTASI:

Kereta PP Menuju Malang

Kudu kuat mental nih pake transportasi ini. Pasalnya naik kereta menuju Malang dari Jakarta (Pasar Senen) lama pisan ngga nyampe-nyampe, ngabisin waktu hingga 16 Jam. Buat saya sih ngga berasa, 2 kali naik kereta, dengan moda sleep-awake-sleep-awake + bawa kerjaan freelance.

BERANGKAT.

Ps. Senen – Malang:

Alternatif kereta termurah, Matramaja Rp. 109.000 tapi karena jam-nya nanggung:

15:15 (Ps Senen )- 07.50 (Malang)

dan  saya ngga punya lagi cuti maka saya pilih kereta Majapahit dengan Harga Rp. 275.000

18:30 (Ps-Senen)-09:55 (Malang)

Keretanya asik, seat 2 orang-2 orang, bersih dan ruang kaki lumayan.

IMG_0004-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

DSC04494-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

PULANG.

Sementara buat pulang, saya pilih Kereta jalur Surabaya karena lebih banyak pilihan jamnya. Keuntungan lain, saya juga punya waktu beberapa jam untuk stay dan keliling-keliling kulineran, berikut ini rinciannya:

Malang – Ps Senen:

Kereta Mutiara Selatan, Malang (16.30) – Surabaya Gubeng (18.30) : Tiketnya murah banget cuma Rp. 45.000, penampakan keretanya juga lumayan bersih dan nyaman. Dengan seat  2-2, kursi yang saya tempati malah kosong melompong sampe tiba ditujuan, indahnya kaki bisa bebas selonjoran meskipun cuma 2 jam. Yihaa..

Surabaya – Ps Senen

Kereta Kertajaya, Surabaya Pasar Turi (21:00) – Pasar Senen (08.40) : dengan harga 165.000, harus kuatkan hati naik kereta ini, apalagi hari minggu. Duh! Penuh bukan main, kurang toleransi, kereta penuh orang-orang ngga sabar, dengan bawaan sejibun-jibun, padahal tempat naro barang ngga banyak. Alhasil leberanlah barang-barang mereka sampe di tempat naro kaki. Kekurangan lainnya AC kereta ngga terlalu berasa, mungkin ngaruh sangking penuhnya nih.

2. Sewa Motor Malang-Bromo

Dari  Stasiun Malang menuju Bromo, sewa motor aja gan Rp. 75.000 + Bensin Rp. 30.000 = Rp. 100.000. Kalo dibagi 2 macam saya Rp. 50.000. Durasi motoran dari Stasiun Malang Kotalama ke Bromo via Pasuruan 5 Jam (udah pake berenti berkali-kali). Kenapa berangkat pilih jalur sini, karena lebih aman ngga lewat jalur pasir Bromo. Pas pulangnya sih kami nekat saja, supaya lekas sampai karena ngejar kereta. FYI, Durasi Motoran dari Bromo via Tumpang ke Malang kurang lebih 3 Jam.

*Info Kontak Sewa Motor: 082240401929

*Harga tiket masuk bromo: Rp. 15.000/2 orang

DSC04610-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

PENGINAPAN: DSC04746-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

Nah, untuk penginapannya bisa disini nih, Rp. 70.000 aja per orang. Penampakannya lumayan banget, bersih. Terdiri dari kasur yang berderet-deret, 1 TV, WC dengan air panas, dan ruang tamu yang cukup lah buat kongko-kongko. Cuma berjarak 15 menit dari pintu masuk Bromo. Homestay ini juga hommy banget, terbukti saya nempel kasur langsung aja molor *eh ini sih dimana-mana deng :)) *Info: Max 7 Orang Rp. 400rb/hari.

MAKAN:

1ad3e075-be98-4cc4-9fee-62d743082f09 (FILEminimizer)

Tempat makan sih rata-rata murah dengan budget Rp. 15.000-an udah kenyang, tapi kalo bingung mau dimana. Bisa dicoba nih warung pinggir jalan yang saya coba. Warung Shinta Dani 2 namanya, Ada wifi! Menu lumayan asik, nasinya enak, nasi telornya wuajib coba. Letaknya deket dari pintu masuk Bromo, tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit aja. Kalo mau lebih ngirit lagi? Masak sendiri, bawa kompor, nesting, dan bahan-bahan makanan laimnya :))

DESTINASI BROMO

Karena bangun siang, seperti biasa. Apalagi karena cuaca bromo yang dinginnya ngegigit bikin mager bukan main. Kami ngga dapet sunrise, dan ngga keburu juga ke air terjun madakaripura. Tapi jalan paling enak emang kaya gini, santain aja yeekan.. *alesan, bilang aja mager :)) Buat keliling bromo, selain motoran macam kami. Ada opsi lain yang lebih bromo banget, yaitu naik Jeep. Harga sewanya antara Rp. 750.000-Rp. 850.000, tergantung spot mana saja yang mau dikunjungi. Berikut ini dia spot-spot yang kami tandangi dengan motor (wkkwkw)

  1. Kawah Bromo

Mencapai posisi kawah, kamu harus berjalan melalui puluhan anak tangga yang sudah disediakan. tapi buat menghemat energy bagi yang berminat, kamu bisa menggunakan ojek kuda dari tempat parkir menuju anak tangga kawah paling bawah.

DSC04673-(FILEminimizer)

Saran saya sebelum mendaki, kenyangin aja dulu perutnya.  di tempat parkir motor tersedia pentol dan teman-temannya.

  1. Gunung Batok

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang (5)

Gunung Batok terletak di depan kawah, di dekat Pura Luhur Poten. sisi depan, gunung terlihat hijau dan bagus buat spot foto-foto.

  1. Pura Luhur Poten

 

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang (4)

Masih ada spot yang wajib dikunjungi di sekitar Kawah Bromo, yaitu Pura Luhur Poten. Pura ini menjadi pusat kegiatan upacara adat Suku Tengger.

  1. Savana Bromo

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang (2)

Seperti namanya, Savana yang berarti padang rumput, spot ini adalah lahan yang sangat luas dengan rerumputan hijau yang menghiasi sisi lain dari Bromo.

  1. Bukit Teletubies

Berada satu area dengan Savana, jangan bayangin ada teletubies disini ya Gaes :p

  1. Pasir Berbisik

Ini Dia Akomodasi dan Transportasi Super Muree Menuju Bromo via Malang (1)

Sejauh mata memandang Cuma pasir yang saling bergesekkan seperti sedang berbisik. Harus hati-hati buat yang bertandang ke destinasi ini menggunakan motor acam kami, karena pasirnya bikin selip beberapa kali.

Nah, demikian tips. Yah tentu aja, udah murah jangan pake ngeluh ya kakak. Prinsip traveling terbaik nih > “Kalo ngga enak, ya dienakin aja. Kalo ngga asik? Ya di asikin aja!  😀

0 likes Hostel & Transportasi , Indonesia , Jawa , Tips , Tips & Itinerary , Transportasi # , , , , , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *