Ngelancong Weekend

March 23, 2019

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 138rb Saja!

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 138rb Saja!

Ngelancongweekend.com – Hal yang baru saya sadari, semakin dewasa semakin berkurang hasrat jejalan yang cape-cape, kalo dulu bisa tuh nanjak Gunung Rinjani, ke Lomboknya via jalur darat dari Jakarta selama 2 hari 2 malam di perjalanan, tiba di basecamp sore hari – besoknya langsung nanjak :))) atau sepedaan keliling Gorontalo yang track ke destinasinya naik-naik terus dan masuk-masuk hutan seharian, tapi kini? ya bisa. Cuma tiap cape sedikit yang kebayang nyamannya kasur di hotel, berburu makanan enak di destinasi yang dituju atau nyamannya brainstoarming atau ngelamun di kedai kopi, duh!

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 134 rb Saja! (2)

Terus ngapain ke Bali jalur darat? pada mulanya ya iseng aja, sebab udah di Surabaya dan kayanya nanggung dikit lagi sampai Banyuwangi. Liat-liat promo bus ke Dewata di Traveloka juga lumayan menggiurkan harganya. Meskipun pada akhirnya dengan pertimbangan ngga tahan  lama-lama di bus, saya lebih pilih go sendiri aja, atau oper-oper moda transportasi. Nah buat yang mau coba pake rute saya, berikut ini rincian dan budgetnya.

 

YOGYA/SURABAYA – BANYUWANGI

Titik awal perjalanan bisa dimulai dari Surabaya atau Yogyakarta, karena 2 stasiun inilah yang dilalui oleh kereta ekonomis ke Banyuwangi bernama”Sri Tanjung”, dengan jadwal 14:00 Surabaya Gubeng – 20:50  Banyuwangi Baru, harga Tiketnya Rp. 88.000.

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 134 rb Saja! (5)

Kalau saya pilih yang jadwalnya lebih pagi, sebab traveling sendirian dan lupa keadaan medan, baca-baca juga katanya agak rawan di terminal ubung, karenanya sebagai antisipasi saya pilih “Probowangi” dengan jadwal 04:25 dari Surabaya Gubeng sampai 11:40 di Banyuwangi baru, harga tiket hanya Rp. 56.000 saja. Resiko, musti bangun pagi ngejar keberangkatan :))) Tapi ya Mantap murahnya, Bonus – pemandangan sepanjang jalan Surabaya – Banyuwangi yang cantiknya luar biasa.

Durasi: 7 Jam 15 Menit

 

BANYUWANGI (PELABUHAN KETAPANG) – BALI (PELABUHAN GILIMANUK) 

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 134 rb Saja! (3)

Sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, berjalanlah menuju pelabuhan. Caranya dari pintu keluar stasiun lurus terus saja sampai mentok ketemu jalan raya, kemudian ambil kiri, ngga jauh berjalan akan kelihatan sudah pelabuhan ketapang. Pertanyaan selanjutnya, beroperasi jam berapa saja kapalnya? Beroperasi terus setiap jam. Saya yang kena apes cuaca buruk, perjalanan ditunda hingga cuaca lebih baik. Ada kali 1 1/2 jam melamun tak tentu arah, bersama puluhan penumpang lain dan elub-elub yang kebingungan :)))

Beruntung akhirnya cuaca membaik, dan kami dipersilahkan naik, tapi di momen itu juga saya paham sungguh ngga ketaker  banget perjalanan ini, di 5 detik setelahnya menyerah, beli tiket pesawat buat pulangnya :))))

Btw, membeli tiket penyebrangan di Pelabuhan Ketapang tinggal menuju tempat pengambilan form, isi data lengkap, menuju loket pembayaran, tunjukan form yang diisi tadi + ktp dan membayar seharga tiket dengan e-money, tidak bisa cash ya. E-moneynya sendiri hanya bisa menggunakan Brizzi (flazz, tap cash, dll tidak bisa :)) Bagi yang ngga punya jangan panik, warung yang letaknya pas di seberang loket menyewakan e-money ini dengan harga Rp.10.000/kepala

Harga Tiket : seharusnya 6.500,  saya jadi bayar 10.000 karena ngga punya e-money keluaran BRI ini

Durasi Penyebrangan : 45 Menit – 1 Jam

 

GILIMANUK – TERMINAL UBUNG/MENGWI 

Cara Menuju Bali via Jalur Darat dari Surabaya, dengan Budget 134 rb Saja! - (FILEminimizer)

Sampai di gilimanuk, berjalanlah keluar pelabuhan menuju terminal yang letaknya pas di seberang pelabuhan. Caranya setelah keluar pelabuhan, ambil kiri – sebelum gapura jalan akan terlihat sudah terminal di seberang. Btw, dari pelabuhan – terminal akan ada saja calo yang mengikuti kita – siap-siap. Tapi ya cukup katakan kita sudah dijemput teman, lalu berlalu menuju terminal, segera cari mobil/elf yang paling penuh, dan tanya tujuannya apa ke ubung tidak? Jika ya, naik.

Perlu digaris bawahi nih. Jangan naik yang kosong, bisa setahun ngetemnya. Fyi juga busnya bukan bus AC ya, AC-nya AC alam, duduknya berdesakan, tapi biasanya orangnya hangat-hangat, saya ngga hentinya ngobrol sama warlok, sambil ketawa bareng nonton dangdut stensil di layar karaoke seadanya di bus itu :)))

Biaya Bus: Seharusnya Rp. 40.000, Saya kena ketok Rp. 50.000,

Durasi: Gilimanuk – Ubung 4-5 jam-an, tapi karena saya turun di Badung hanya 4 Jam yang saya habiskan

 

UBUNG – KUTA (BEACH HUT HOSTEL)

5 Rekomendasi Bunkbed Mantap di Bali untuk Para Solo Traveler (5)

Sebab menyerah di tengah jalan, karena ngga kuat macetnya, udah kelamaan stuck dan ngga tahan menahan hasrat buang air kecil (kenapa namanya air kecil ya? :)) Jadi nekat juga karena sudah berada di area perkotaan, dan sebelum turun ngga hentinya manteng gojek, kalau-kalau di daerah ramai ini mungkin ada 1 atau 2 gojek yang bisa mengantarkan saya langsung ke hostel, badan sungguh ringsek terasa :))) Karena syukurnya ada 1 Gojek terdetect, entah dia mau mengantar saya tidak sebenarnya, paling tidak ada harapan ojek online di daerah itu, maka turunlah saya di Alfamart Mengwi.

Biaya Gojek : 24 Ribu sampai hotel di Kuta

Durasi : 50 menit waktu yang dihabiskan, menembus kemacetan dan kena angin-angin enak. whehehe. Bonus bisa ngebakso dulu, hoki depan alfamart waktu itu ada tukang bakso lagi mangkal. Hahaha lapar bukan main, terakhir makan subuh (Nasi Cumi Pasar Atom Ena-ena)

Ini Rincian Gojeknya:

Untitled

————————————————————————————————————————-

Rincian Budget:

  1. Yogya – Banyuwangi, Moda Kereta, Rp. 54.000
  2. Banyuwangi (Pelabuhan Ketapang) – Bali (Pelabuhan Gilimanuk), Moda Kapal Laut, Rp. 10.000
  3. Terminal dekat Pelabuhan Gilimanuk – Terminal Ubung, Moda Bus, Rp. 50.000
  4. Badung – Kuta (Beach Hut Hostel) di Pusat Kota Bali, Moda Gojek, Rp. 24.000

—————————————————————————— Total : 138.000

Total Waktu: 13 Jam 15 Menit, Nunggu Kapal Sepertinya 1 1/2 Jam, Nunggu Elf ngetem 20 menit, Makan bakso di Badung 15 menit, Total yang dihabiskan mungkin sekitar 16 Jam dari Surabaya – Kuta.

————————————————————————————————————————-

 

ALTERNATIF BUS:

RUTE 1 : BNI KEDUNGDORO (SURABAYA) – POOL LADJU TRANS DENPASAR (BALI)

  • LADJU Trans | 16.15 (BNI Kedungdoro) – 08.00 (Pool Ladju Trans Denpasar) | Durasi 14 Jam 45 Menit | Harga Tiket 209.000

Rute 1 ini rute yang saya sarankan, Kenapa? Sebab titik penjemputan awalnya di BNI Kedungdoro yang berjarak lumayan dekat dari pusat kota surabaya gubeng, naik gojek paling sekitar 5rb, juga titik tibanya tidak jauh dari Kuta.

 

RUTE 2 : TERMINAL BUNGURASIH (SURABAYA) – TERMINAL MENGWI (BALI)

“TIARA Mas | 18.30 (Terminal Bungurasih) – 08.00 (Terminal Mengwi) | Durasi 12 Jam 30 Menit | Harga Tiket 168.000”

Hanya saja untuk sampai ke terminal bungurasih lumayan effort juga, sebab jauh dari pusat kota gubeng, caranya bisa menggunakan kereta Komuter Porong (Delta Ekspress) dengan rute Surabaya Kota – Porong, dan turun di Stasiun Waru (yang berjarak 750 meter jalan kaki dari Terminal Bungurasih). Harga tiketnya hanya 5000, Pembelian tiket harus hari H, dan hanya ada di beberapa waktu:

  • 04.09 (Surabaya Gubeng) – 04.32 (Waru)
  • 13.25 (Surabaya Gubeng) – 13.48 (Waru)
  • 18.00 (Surabaya Gubeng)  – 18.20 (Waru)

Sekian tips, udah lumayan detail sepertinya, ada yang kurang jelas monggo ditanya ya. Hehe silahkan dicoba, jangan lupa sedia hiburan berupa buku-buku, atau film di hp, atau playlist musik yang mendongkrak semangat, sebab 16 jam di perjalanan bukanlah waktu yang sebentar. Semangat Bung! Salam Bacpacker (menuju pensiun) :)))))

0 likes Bali , Hostel & Transportasi , Transportasi # , , , ,
Share: / / /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *