Ngelancong Weekend

September 26, 2016

Bertandang ke Studio Papermoon Puppet, di Desa Sembungan Yogyakarta

Bertandang ke Studio Papermoon Puppet, di Desa Sembungan Yogyakarta

Ngelancongweekend.com – Telah mentjintai papermoon jauh sebelum dia muntjul di AADC 2. Pertama kali nonton “Mwa Thirika” Wayang World Puppet Carnival 2013 langsung jatuh cinta, kali kedua nonton 2014 di Festival Salihara dengan pementasan “Surat ke Langit” semakin cinta lagi, dan baru kali ini berkesempatan main ke Studionya di Desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Yogyakarta.

7 (FILEminimizer)

Papermoon Puppet, Teater Boneka yang digagas mbak ria papermoon ini udah berdiri sejak tahun 2016. Buat yang belum tau, Papermoon Puppet juga ada di film AADC 2, kalo inget Rangga dan Cinta sempat menonton pementasan wayang boneka bertema “Secangkir Kopi dari Playa”. Nah, itu dia!

Papermoon sendiri kini udah sibuk melalang buana hingga ke luar, mulai dari Australia Philadelphia, Washington DC, Lowa, Easton, Amsterdam – Belanda, Yokohama – Jepang, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, hingga USA

unnamed (1)

Berjarak sekitar 12 Km Dari pusat kota, kami menghabiskan sekitar 35-40 menit berkendara menggunakan mobil, di jalan-jalan Yogyakarta yang lancar pisan ngga ada macet-macetnya. Bermodalkan google map yang malah membawa kami ke titik lumayan jauh dari Rumah Papermoon seharusnya, kesasarnya ngga tanggung-tanggung, sampai masuk ke pemukiman warga yang diapit sawah-sawah disekitar, *entah siapa yang input alamatnya ke google map*. 11.30 a.m, tiba juga di Studio Papermoon setelah sebelumnya berkali-kali pula kesasar ke kuburan :))

11 (FILEminimizer)99 (FILEminimizer)

Rasa-rasanya sih studio ngga sedang dalam keadaan buka ketika kami bertandang, pasalnya cuma 1 orang yang berjaga, dan studionya dalam keadaan agak berantakan, kayanya lagi dalam proses pengerjaan boneka.

8 (FILEminimizer)Didominasi warna biru, studio ini tampak menarik dari setiap anglenya. Terdiri dari 2 lantai,  Lantai pertama didominasi boneka, dan setting teater. Sementara di lantai kedua terdapat buku-buku, dan beberapa properti pentas lainnya. Saya suka banget bagian, jendela yang dijadiin bagian dari interior bangunan, agak-agak mengingatkan ke hotel Adhistana di Prawirotaman.

10 (FILEminimizer)

6 (FILEminimizer)

unnamed

Di bagian luar, terdapat satu rumah segitiga mungil unik, yang sekaligus jadi tempat penjualan marchandise Papermoon. Mulai dari T-Shirt, buku-buku notebook, postcard, CD pementasa dan lain-lain. Saya sendiri khilaf membeli satu buah T-Shirt seharga Rp. 150.000. weheheh..

FYI, Sebelum bertandang baiknya janjian dulu via email ke papermoonpuppet@gmail.com. Atau rajin-rajinlah ceki-ceki di instagramnya disini. Mereka lumayan rajin update jadwal buka studio via social media.

Dari salah satu kawan papermoon yang bertandang, ia kata mereka belum berani open pubik secara daily, karena jadwal pementasan yang ngga menentu. dan rutinitas masing-masing pewayang yang lumayan padet.

Kami aja yang pure nekat, tetap berkunjung dengan kemungkinan buka-tutup, 50:50. Dijalan H2C, tutup buka, Tutup buka? Untung buka! meskipun lagi tutup.. *eyaa *apa deh

5 (FILEminimizer)

Sedikit saran, supaya kamu ngga kesasar macam kami, yang mungkin terjadi juga pada beberapa orang yang kerap bertandang ngikutin google map, ini nih directionnya:

  1. Monggo langsung cari SDN Sembungan di Waze, setelah sampai, ikuti jalan sampai ketemu lapangan sembungan. Kalo bingung tanya warga sekitar.
  2. Dari lapangan ini monggo cari TK PKK 18 Harapan Bangsa, dan masuk ke jalan yang berada pas didepannya, ikutin aja jalannya sampai ketemu plang kosong dibawah ini. Rumah papermoon berada ngga jauh dari plang ini. Tinggal berjalan kaki, siki!

1 (FILEminimizer)

 

Alamat Rumah Papermoon:

SDN Sembungan

Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55184, Indonesia

Jam buka:

Ngga menentu

HTM:

Gratis kak, tapi siapkan saja uang untuk kamu yang ngga kuat iman, liat-liat merchandise lucunya! :))

Web: 

www.papermoonpuppet.com

0 likes Jawa # , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *