Ngelancong Weekend

Mei 31, 2016

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno

Ngelancongweekend.com – Distraksi selalu munjul di tengah perjalanan. Menuju Goa Gajah yang kalo kalian cari di google bentuknya epic betul itu, kami kepo sedikit sama bule-bule yang bersliweran menuju ke satu tempat. Mau kemanakah mereka? Planing ke Goa Gajah pun jadi kegeser sedikit, karena waktu masih lumayan memungkinkan, dan letak tempatnya yang searah, ternyata mereka berkerumun menuju Museum Antonio Blanco.

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (2)

 

Berada di sisi kanan jalan. Museum ini pernah saya baca sebelumnya di Google, salah satu tempat rekomen wisata Ubud yang ngga saya masukin list karena saya pikir jaraknya berjauhan dari tempat-tempat yang harus kami kunjungi.

Melipir sebentarlah kami ke museum ini. Menarik, dengan HTM Rp. 35.000/orang kita udah bisa jalan-jalan mengelilingi museum dan dapet free drink, semacam jamu yang mirip-mirip jamu di Ulen Sentalu, Yogyakarta, cuma menariknya jamu ini di sajikan sepaket sama krupuk. E tanya kenapa? :))

Punya arsitektur etnik, asik, dan bali banget.. Museum Antonio Blanco, menyimpan 300 karyanya semasa hidup. Setelah sebelumnya sempat salah masuk.. dari pintu keluar :)) untung ada mbak-mbak yang memberitahu jalan yang benar.

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (3)

Pertama kali masuk kita akan melihat sebuah taman, dan burung-burung unik.. kakak tua yang bisa kita temukan di cover pensil warna. Ngga cuma dilihat, kita juga bisa berfoto bareng mereka.. ada banyak bli di sekitar kandang burung, yang akan membantu kita.. mengambil burung dan meletakannya di bahu kita.

Di depan museum.. ada 2 patung naga yang menarik, mengingatkan pada kuil-kuil di Film china.. aka Putri Khuang Zhu. Masuk ke dalam.. berderetlah lukisan-lukisan yang didominasi oleh gambar wanita telanjang. Di lukisan ini juga ada banyak puisi yang ditulis oleh Antonio sendiri. FYI di dalam museum tidak boleh mengambil foto untuk keamanan.  Lukisan dapat dinikmati di lantai 1 dan 2. Kami bahkan naik sampai lantai 3 melalui tangga diluar balkon. Semua hasil lukisan yang dipajang di Museum Antonio Blanco banyak menampilkan kemolekan tubuh pria dan wanita. Anehnya ada lukisan Michael Jackson :))

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (4)Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (6)

 

Di Museum Antonio Blanco juga terdapat studio lukis yang sering digunakan oleh Antonio Blanco untuk melukis serta foto-foto keluarga yang sangat ia cintai.

Lahir di Manila, Philipina pada 15 September 1912 dan meninggal di Bali pada tanggal 10 Desember 1999. Pria keturunan Amerika – Spanyol ini pernah berpindah-pindah negara untuk bekerja dan mendapatkan inspirasi lukisan. Mulai dari Kalifornia (USA), Florida (USA), Hawaii, Kamboja, Jepang, hingga akhirnya tiba di Bali. Ia pun menikahi seorang gadis bernama Ni Ronji tahun 1953, seorang penari tradisional Bali. Adalah Tjokorda Gde Agung Sukawati, Raja Ubud terakhir dari Puri Saren (1910 – 1978) yang memberikan tanah ini pada Antonio Blanco. Dibutuhkan waktu selama 45 menit – 1 jam dari Bandara Udara Ngurah Rai Denpasar.

 

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (8)

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (1)

Saking banyaknya penikmat karya Antonio Blanco, banyak petinggi RI dan orang luar negeri yang mengoleksi hasil karyanya, seperti Presiden RI 1 Soekarno, Adam Malik, Presiden Soeharto, Michael Jackson, serta Pangeran Norodom Sihanouk. Berbagai penghargaan pun telah diraih oleh sang maestro, mulai dari negara Kamboja, Spanyol, dan bahkan dari Indonesia.

Ada banyak foto keluarga Antonio dengan Cat ruangan berwarna merah nyala. Salah satu spot yang lumayan ganteng buat foto-foto! setelah sebelumnya ditegur karena ternyata tetap ngga boleh mengambil foto juga di dalam tempat lukisanya..

Bertandang ke Museum Antonio Blanco, Pelukis Favorit Michael Jackson & IR. Soekarno (7)

Masih satu komplek dengan museum juga terdapat Café yang lumayan asik buat nongkrong, pelayanan ramah.. dengan view UBud dari ketinggian. Lumayan.. duduk-duduk meluruskan kaki sambil menikmati freed drink. Let’s go agogo..

Cat: Bagi pemburu foto tjakeup, di samping museum ini ada café unik bernama The bRidge dengan jembatan yang sangat apik, bersih.. dan dilengkapi dengan gembok-gembok.. cocok untuk foto prewed..

 

Museum Antonio Blanco

Alamat: Campuan, Ubud, Bali – Indonesia 80571

No. telp: 0361975502

Fax 0361975551

Email: a-blanco@indo.net.id

Web: www.blancomuseum.com

Jam buka: 09.00-17.00 setiap hari

HTM: Rp. 35.000* *dapat berubah sewaktu-waktu

0 likes Bali # , , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *