Ngelancong Weekend

Januari 11, 2018

Ayo Uji Tingkat Adrenalinmu di Pulau Timang Gunung Kidul, Yogyakarta

Ayo Uji Tingkat Adrenalinmu di Pulau Timang Gunung Kidul, Yogyakarta

Ngelancongweekend.com – Setelah puas explore pantai sadranan, kami segera menuju pulau timang, Gunung Kidul Yogyakarta. Pulau yang terkenal dengan Gondola tengah lautnya ini berjarak ngga terlalu jauh ternyata, cuma 30-45 menit aja buat sampai di TKP dengan estimasi titik awal dari pantai-pantai di Gunung Kidul. Buat yang bingung gimana caranya sampai ke Timang, ada 2 jalur yang bisa kamu pakai. Berikut diantaranya:

DSC05462-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

  1. Rute pertama: lewat Jalan Wonosari, Jalan Raya Pantai Baron, bayar retribusi Rp 4.000 per orang. Lanjut ambil arah Pantai Indrayanti atau Pok Tunggal. Cari arah menuju Pantai Siung, jika ada lapangan sepakbola di kanan jalan coba berhenti sejenak dan lihat papan penunjuk jalan menuju Pantai Timang sejauh 4 Km. Ikuti jalan berbatu tersebut. Rute ini melewati pos retribusi, namun lebih dekat.
  2. Rute kedua: lewat Jalan Wonosari, Jalan Raya Pantai Baron, ambil kiri menuju arah Pantai Siung atau Wediombo. Sampai menemukan simpang tiga di ujung jalan raya Pantai Baron, cari arah menuju Pantai Siung. Jika ada lapangan sepakbola di kanan jalan coba berhenti dan lihat papan penunjuk jalan menuju Pantai Timang sejauh 4 Km, Ikuti jalan berbatu tersebut. Rute ini tidak melewati pos retribusi namun lebih jauh

DSC05280-(2)-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

Trek menuju Pulau ini luar biasa, berupa jalan bebatuan terjal berliku dengan pemandangan landscape super pecah dikiri kanannya. Sampai di titik terakhir akses kendaraan pribadi, kita kudu lanjut gojekan dengan tarif Rp. 30.000 aja PP, ya mengembangakan pariwisata sekitar, sekaligus pilihan terbaik juga, karena kalo maksa jalan gilehehey jauhnya, mana jalurnya bebatuan punden berundak.

13.30 begitu sampai dan sebelum nyebrang ke pulau timang, kami berkeliling dulu motret tiap sudut landscapenya. Buat yang hobi selfie, ada 2 titik foto berupa panggung dengan pemandangan super wokeh sebagai latarnya, pose di masing-masing spot ini bakal dikenakan tarif lagi sebesar 5rb oleh warung-warung sekitar. Jangan dikira mereka ngga tau ketika kamu curi-curi foto lho, karena begitu selesai berwisata, mereka tiba-tiba muncul secara misterius dan nagih retribusi :))

DSC00817-(2)-(FILEminimizer) (FILEminimizer) DSC00804-(2)-(FILEminimizer) (FILEminimizer)DSC00844-(2)-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

Sampai waktunya menyebrang, Pake tenaga manusia, kita bakal ditarik menggunakan gondola dari kayu tanpa pengaman satupun, diatas langit biru, dibawah ombak ngga kalah birunya mengaung-menggapai-gapai. Uji adrenalin nih, kalo sampe jatuh ya kelar aja. Tapi tentunya pikiran sebaiknya di plongin aja, kalo apa-apa takut, kita ngga akan sampai dimana-mana. Maka ditemani Long Way Home-nya The Brandals. Hidup saya hari itu terasa nikmat pisan, Terimakasih Semesta! Saya sampai dengan selamat di sebrang, tanpa kekurangan suatu apapun :))

DSC00851-(2)-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

Setelahnya kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini  adalah:

  1. Menyusuri karang
  2. Menyusuri karang
  3. Menyusuri karang
  4. dan Menyusuri karang yang ngga ada habisnya

Karena Timang emang Karangable banget, selain itu terdapat juga bale tempat kita bisa duduk-duduk ngobrol bareng mas-masnya. Menghabiskan siang, sampai bosan, dan nyebrang balik lagi ke titik awal tadi menuju pulang.

WhatsApp-Image-2016-12-04-at-2.49.55-PM-(FILEminimizer) (FILEminimizer)

Info Tambahan:

*Tarif nyebrang Gondola PP Rp. 150.000

*Tarif Ojek PP: Rp. 30.000

Di ojek pulang saya ngobrol bareng abang-abangnya. Ia kata ini pertama kalinya dia narik setelah seharian, paling banyak dalam sehari mereka emang cuma narik 2 kali aja, dikarenakan banyaknya jumlah tukang ojek, dan ngga terlalu ramainya pengunjung, maka diakhir tulisan ini saya mau mengajak kalian semua buat datang dan berkunjung ke pulau ini, selain karena emang rekomended juga buat memajukan wisata warga sekitar, tentunya dengan tetap menjaga kelestarian, no vandalisme, dan ngga membuang sampah sembarangan ya. Wokee? Let’s Go Agogo 😀

0 likes Jawa , Tips , Transportasi # , , , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *