September 27, 2019

A-Z Tidur/Makan/Ngide PW ala Ngeweek di Kota Pahlawan Surabaya

A-Z Tidur/Makan/Ngide PW ala Ngeweek di Kota Pahlawan Surabaya

Ngelancongweekend.com – Main ke Surabaya, sebagai jembatan masuk menuju banyak kota di Indonesia, mulai dari Labuan Bajo, Banyuwangi, Malang, Lasem, Yogyakarta, etc. Lumayan cukup bikin saya bulak-balik ke kota ini, sebab di luar itu Surabaya juga PW sekali untuk bermalas-malasan dan berburu makan enak. Apalagi bagi pecinta makanan pedas dan gurih, Surganya nih! Berikut ini tipsnya Makan – Tidur – Ngide nyaman di Kota Pejuang dengan budget pw di kantong ala ngeweek. Ngeweeklah! Ngelancong weekend :))

TIDUR

buka, bukan tidur di dipan maksudnya bukan :))

Sebab tidur adalah keutamaan! Penting sekali tidur nyenyak, sebab buat apa jauh-jauh pergi jika bukan untuk tidur enak? :)) Pop bisajadi pilihan. Baik pop Gubeng maupun pop stasiun kota 22’nya rekomen. Cukup merogoh kocek 250rb saja semalam, tapi nyaman kamarnya, TV besar sekali puas menonton, chanel banyak, Wifi lekas, lokasi sangat-sangat-sangat srategis, satu area dengan hotel santika. Sehingga Kolam renangnya juga bisa kita gunakan untuk bersantai-santai.

Bagi yang budgetnya lebih ekonomis lagi, 99.000 Red Doorz di Hotel Weta bisajadi pilihan. Kamarnya besar +balkon, tidak include sarapan tapi cukup worth it menurut saya untuk harga segitu.

MAKAN

NASI CUMI PASAR ATOM

Rekomendasi Pertama dari Saya yang Wajib sekali coba! Kalau bertandang siang hari, warungnya tampak seperti warung tenda pinggir jalan saja. Kita akan disajikan nasi cumi di piring helokiti (entah kenapa selalu :)) Saran saya datanglah sore hari menjelang malam, atau malam jelang pagi sekalian. Ini jam-jam terbaiknya sebab tenda sudah mulai di gelar. Warung makan menjadi lebih luas, dan nyaman. FYI, ngga usah takut kehabisan nasi cumi pasar atom ini buka 24 jam.

WARUNG MAKAN BU SRI

REKOMEN! Saya suka sekali nasi bakso geprek+telor ceploknya, dan lalu sambal-sambal racikan arek suroboyo entah bagaimana tak pernah membuat saya kecewa, khususnya di warung makan bu sri ini. Kalau kebetulan menginap di Pop Gubeng yang saya sarankan tadi, letaknya lumayan dekat ke warung makan bu sri. Jangan lupa pesan Es teh Jumbo sebagai pendamping makanan.

APENG KWETIAW MEDAN – KEDUNG DORO

Halal jauh-jauh ke Surabaya malah makan Kwetiaw. Pertanyaannya, memang kenapa? :)) Ngga pernah sepi pengunjung dan selalu waiting list sangking enaknya. Meskipun agak pricey harganya, tapi kwetiaw seafoodnya luar biasa enak. Saya yang tadinya tidak doyan kwetiaw saja, mendadak gemar semenjak makan di apeng kedung doro ini :))

KULINER PASAR ATOM (CAKWE PANELEH, MANISAN JAMBU)

Banyak makanan enak berkumpul disini. Jika kebetulan menginap di POP stasiun kota, tinggal berjalan kaki saja menuju surga kuliner di Pasar ATum, rekomen saya Manisan Jambunya di lantai 1, Cakwe paneleh, Chinese Food pada foodcourt (lantai atas), asal tunjuk saja hampir semua enak.

SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH

Kalau Yogya punya Sate Klatak Surabaya punya Sate Klopo, dinamakan klopo sebab menggunakan kelapa dalam proses penyajiannya, dimana tusukan daging sapi atau ayam dibaluri bumbu kelapa parut gurih saat dibakar. Pelengkapnya juga berupa serundeng yang juga terbuat dari kelapa.

Telah berdiri dari 1945, Sate ini terkenal sekali dan begitu digandrungi. Berhubung saya ngga makan daging ya cuma bisa menemani saja, melihat euforia warung makannya yang tak pernah sepi, antrian memanjang tak habis-habis, asap sate mengepul di udara, orang-orang rela makan sambil duduk berdesakan, dari sini bisa saya simpulkan rasanya mesti wah sekali!

SEMUA BAKSO SELEWAT PINGGIR JALAN :))

Hampir semua bakso pinggir jalannya enak. Kalau kebetulan sedang dimana dan bingung mau makan apa, lihat abang bakso nangkring, tida usa pakai ragu lagi! Saya berkali-kali begini, biar asal beli tapi belum pernah kecewa :))

BUNKBED

Bagi para solo traveler, belum ada bunkbed yang PW 100% di Surabaya, menginap di my studio (bagus tempatnya, dekat sekali dari stasiun surabaya gubeng hingga bisa berjalan kaki, sarapan roti green teanya enak tapi ada kurangnya juga = WC makin jarang ada sabun/shampo tersedia, juga tisu bersih, kebersihan kamar mandi juga terakhir kali menginap ya… begitulah :)) tapi karena murah dan dekat kemana +include sarapan saya bertoleransi saja). Dibawah ini penampakannya.

-My Studio Hotel, Baca selengkapnya di sini

-Tab Capsule Hotel, Rekomen kedua saya (Bentuk capsule oke, letaknya pas dibelakang My studio, wc dalam kamar, air minum refill di sediakan. Tapi sarapan kurang enak, dan ac dalam capsulenya kurang sejuk. Baca selengkapnya di sini

-Livin Hostel -> Nah kalo yang ini, saya tulis bukan karena bisa jadi pilihan. Tapi JANGAN menginap disini. Sebab buru-buru kala itu, ngga sempet riset bentuk aslinya langsung datang saja, waduh! bapuk luar biasa. Lampu redup, bangunan seperti tak terurus, wc kotor, capsule sempit. BIG NO!

PUSTAKA KOPI & WORKING SPACE

Bagi teman-teman yang kemari untuk bekerja atau cari ide, C2o bisa jadi pilihan. Selain bisa berburu buku-buku mantap untuk baca di tempat atau di beli, tersedia ruang kerja nyaman dengan wifi lumayan. Baca selengkapnya di sini.

Selain itu ada banyak juga kedai kopi nyaman yang bisa jadi pilihan seperti:

  • Threelogy Cafe, cek seperti apa tempatnya klik disini
  • Moengkopi Jiwart Space, cek seperti apa tempatnya klik disini
  • Redback Speciality Coffee, cek seperti apa tempatnya klik disini
  • Historica Cafe, cek seperti apa tempatnya klik disini
  • dll

BISA KEMANA DARI SURABAYA?

  • Malang, Menghabiskan waktu sekitar 2 Jam naik kereta. Rate harga tiketnya 30rb/40rb/60rb dengan estimasi Surabaya Gubeng – Malang (MLG)
  • Banyuwangi, waktu tempuh sekitar 6-8 jam tinggal pilih dengan harga tiket hanya Rp. 56.000/88.000 saja.
  • Bali, kalau iseng mau coba jalur darat supaya bisa singgah sana sini. Bisa coba via Banyuwangi dengan budget 138ribu saja, contek rute saya di sini
  • Yogyakarta, hanya 5-6 jam saja dari Surabaya. Harga tiket mulai dari Rp. 70.000 – Rp. 98.000
  • Lasem, bisa nak bus dari terminal bungurasih. Menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Tidak ada kereta hanya bisa dicapai dengan bus.
  • Bromo, saban hari masuknya via malang tapi bisa juga via Surabaya dengan jalur Surabaya – Probolinggo – Cemoro Lawang. Buat yang mau coba via Malang, bisa pake rute saya. Kami motoran sampai kaki gunungnya :)) Baca lengkap di mari

TAMBAHAN : MENUJU TERMINAL BUNGURASIH DARI SURABAYA GUBENG

Bungurasih sebagai tempat bus-bus kemanapun itu tujuannya. Jika kebetulan menginap di sekitaran Surabaya Gubeng, menuju bungurasih lumayan jauh jugA. Nah mengantisipasi kemacetan, jalur gampangnya bisa ditempuh menggunakan kereta lokal macam commuterlinenya Surabaya. Stasiun tujuan Waru denga durasi 1/2 jam saja, dan ekonomis luar biasa, hanya dengan 5.000 rupiah saja :)) (booking tiket via aplikasi KAI). Nanti tiba di Waru, belok kanan dan lihat jembatan penyebrangan, terminal bugurasih terletak pas di seberangnya.

Kalau jadwal bus mungkin masih lama dan bingung mau ngadem dimana, Mall terdekat = city of tommorrow (10 menitan naik gojek) Foodcourtnya memang parah, tapi di lantai 1 (AW, dan JCO bisajadi pilihan tepat buat ngaso) Yaudah gitu aje yang banyak juga, haha. Semoga bermanfaat ya!.

0 likes Hostel & Transportasi , Tips Traveling # , , , ,
Share: / / /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *