Ngelancong Weekend

Oktober 20, 2016

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bertandang ke Gorontalo

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bertandang ke Gorontalo

Ngelancongweekend.com –  Bertepatan sama sepupu saya yang menikahi wanita Gorontalo, akhirnya kami sekeluarga (dari Manado, dan Jakarta) terbang ke Kota tersebut. Envy sama bokap-nyokap saya yang bisa road trip dari Manado bareng keluarga disana. Saya yang nyusul sendirian langsung ke Gorontalo dengan sebelumnya bela-belain ngebatalin trip lain supaya bisa liburan jauh gratisan. Hehe. Nah berikut ini 7 hal yang perlu kamu ketahui sebelum bertandang ke Kota Gorontalo. Apa sajakah itu. Check it out!

Bandara Utama Gorontalo: Bandar Udara Djalaluddin

*Bandara 5.30 a.mTerletak di kecamatan Isimu. Bandara yang ngga terlalu besar ini menjadi jalur masuk berplesiran ke kota ini. Bandara Djalaluddin rasanya bisa diinepin, karena di kepulangan saya dengan pesawat terpagi, 04.00 a.m bandara ini masih ngga ada sepinya. Buat menuju Gorontalo sendiri ada banyak maskapai tersedia, dengan rate harga yang bervariasi, mulai dari 800ribu – 2jt rupiah. Penerbangan dari Jakarta rata-rata transit di Makassar, sementara buat sampai ke pusat kota dari Bandara Djalaluddin ini udah tersedia berbagai pilhan transportasi, mulai dari Damri sampe Taxi.

Gorontalo Cuma Punya Satu Mall

nge-week-3

Gorontalo Mall namanya. Mulai dari Hypermart, Matahari, Solaria, Bakso Lapangan Tembak, Excelso, J.CO Donuts, Bread Talk, Gramedia, Fun World, Optik Tunggal, Wellcomm Shop dan lain-lain semua ada disini. Saya sendiri sekitar dua kali bulak-balik ke mall ini. Bukan karena ngga tahan kalo ngga ngemall bukan, tapi karena harus membeli banyak packingan penting yang malah ngga kebawa :)) Juga buat beli peralatan bersepeda mulai dari kunci, jaket, buff, dan peralatan tempur lainnya buat menunaikan ibadah sepedaan nyolo keliling Gorontalo di kemudian hari.

Kendaraan Umum: Bentor

nge-week-6

Kendaraan umum di Gorontalo ialah Bentor atawa Becak Motor. Agaknya ngga banyak angkot yang tersedia, masyarakat sini rata-rata punya kendaraan sendiri, atau lebih memilih bentor sebagai kendaraan alternatif. Jalan di Gorontalo juga hampir ngga pernah macet sekalipun weekend. Yang lucu nih, bentor bisa menampug lebih dari 2 orang, ngga tanggung-tanggung 5 juga keangkut :p

Destinasi Favorit Grontalo: Pulau Cinta, Togean, Whaleshark di Pulau Malenge

Gorontalo punya Pulau Cinta sebagai destinasi favorit, yang kini masuk salah satu whislist saya di tahun 2017. Hanya menghabiskan 2 jam saja dari pusat kota Gorontalo buat sampai ke pulau berbentuk hati ini, ya mungkin macam KW-KWannya Maldives kali ya. Cocok buat honeymoon, pacaran, PDKT-an, dan sama sekali ngga direkomendasikan buat pergi sendirian nanti kesepian. Hehe.. Ini dia penampakan cantiknya pulau Cinta, gimana ngiler ngga?

2016-05-26 09.41.38 1

Selain Pulau Cinta, Gorontalo juga jadi salah satu akses masuk ke Togean, dengan 60 pulau cantik yang udah terkenal banget keindahan terumbu karang dan biota lautnya. Kamu bisa  menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di dalam Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Kamu juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan. Ngga kalah sedap berburu Whale Shark di Pantai Botubarani yang ternyata ngga jauh lho letaknya dari pusat kota, cukup berkendara 20 menit aja buat sampai ke spot ini. Terakhir jangan lpa bertandang ke desa wisata religius bernama Desa Wisata Religius Bubohu yang terletak di pesisir Teluk Tomini, berbatasan langsung dengan Tanjung Kramat Kota Gorontalo.

whale-shark

Gorontalo = PANASSS MEMBAKAR!!!!

nge-week-5

Cuaca gorontalo disiang hari panasnya bukan main. Konon juga cuma ada dua musim di Kota ini: musim panas dan panas banget. So, Jangan lupa bawa handbody & kaos-kaos lekbong anti gerah ya, karena asli matahari berasa pas diatas kepala, mungkin karena hal ini juga ngga banyak yang beraktivitas di siang hari. Masyarakatnya lebih memilih tidur siang, seperti juga yang saya lakukan :

Doyan Makan? Cobain LALAMPA!

ngess

Ada banyak makanan yang bisa di icip para penggila kuliner, mulai dari Ayam Iloni, Binte Biluhuta, Kue Sabongi, Tili Aya, tapi pilihan saya malah jatuh ke Lalampa. Lemper khas manado dengan ukuran lebih panjang dan cita rasa khas Sulawesi yang renyah banget di mulut. Lalampa sendiri diisi ikan cakalang/ikan tongkol dalam segumpalan beras ketan, dan dibakar sampai rasanya meresap ke dalam. Nikmat disantap setiap waktu pake sambal roa+bakwan. Aromanya ngga nahan! Pertama kali nyoba di setelah dahaga sepedaan keliling Gorontalo, serasa ketemu nasi goreng solaria ngga pake kecap ditengah gurun. Duh sambelnya enak tenan, saya abis hampir 8 sendiri kayanya, masih bungkus 8 biji lagi buat dijalan pulang :))

Provider terbaik Gorontalo = Telkomsel

nge-weeks

Begitu sampai ngga pakai lama saya segera ganti provider. Sinyal Telkomsel oke banget disini, m3, 3 modhar semua. Terimakasih Telkomsel, sepeda keliling Kota cuma modal Waze dan masuk-masuk ke hutan sinyalnya ngga buffer sama sekali. TOP-lah! *iklan ngga berbayar.

nge_week-2

Karena Provider ini juga, saya mencapai rekor sepedaan terlama dan terjauh di kota orang. Seru! Mampir ke Benteng Otanaha, Danau Limboto, Air Panas Lombongo. You Must To Try!

rekor sepedaan terjauh, dalam durasi 7 jam di jalan-jalan Gorontalo

rekor sepedaan terjauh, dalam durasi 7 jam di jalan-jalan Gorontalo

Nah itu dia 7 hal yang perlu kamu ketahui tentang gorontalo. Semoga bermanfaat! Let’s Explore Indonesia!

0 likes Sulawesi # , , ,
Share: / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa jang kau cari?
Ataplapuk
Ataplapuk Pecinta kata, budaya, alam Indonesia. Dapat dijumpai di Kineforum DKJ, di gunung, di laut, di warkop-warkop terdekat, dimanapun.. Kontak : ngelancongweekend@gmail.com
Instagram
Related Posts
Potongan
Subscribe

Enter your email address: